Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Etika Dalam Berbisnis Jika Ingin Sukses

Banyak hal yang bisa dipelajari dari dunia bisnis, salah satunya etika menentukan kesuksesan sebuah bisnis. Dalam persaingan industri modern yang sengit, karisma tanpa hati nurani dan kebijaksanaan tanpa karakter adalah resep paling ampuh untuk menghancurkan bisnis. Persaingan, ambisi, dan inovasi berperan besar dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan, namun ketiganya tetap perlu dibungkus dengan etika dan profesionalisme.

Banyak hal yang bisa dipelajari dari dunia bisnis, salah satunya etika menentukan kesuksesan sebuah bisnis. Dalam persaingan industri modern yang sengit, karisma tanpa hati nurani dan kebijaksanaan tanpa karakter adalah resep paling ampuh untuk menghancurkan bisnis. Persaingan, ambisi, dan inovasi berperan besar dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan, namun ketiganya tetap perlu dibungkus dengan etika dan profesionalisme.

Dalam konteks ini, prinsip etika dimaknai sebagai standar universal tentang apa yang dianggap baik atau buruk ketika menjalankan bisnis. Prinsip-prinsip ini akan mempengaruhi langkah pengambilan keputusan selanjutnya dan menentukan arah bisnis ke depan. 

1. Kejujuran - jujurlah dalam komunikasi atau tindakan Anda

Sambil membangun kepercayaan pelanggan, kejujuran adalah salah satu faktor terpenting dalam kesuksesan bisnis. Anda harus jujur ​​dalam segala hal mulai dari sekadar memberikan informasi hingga menganalisa kekurangan dari bisnis yang Anda jalankan.

2. Integritas

Jika seorang pengusaha bisa mendapatkan kepercayaan dari orang lain, itu karena dia memiliki integritas. Integritas sendiri diartikan sebagai konsistensi dan sinkronisitas antara pemikiran, perkataan dan tindakan. Namun, membangun integritas tidak semudah yang Anda bayangkan, karena seringkali Anda harus berhadapan dengan berbagai kepentingan lain yang mungkin bertentangan dengan keyakinan Anda.

Dalam hal ini, seseorang menjadi pemimpin yang baik jika mampu bertahan tanpa mengorbankan apa yang diyakininya karena mendapat tekanan dari latar belakang lain.

3. Janji dan menghormati komitmen

Seorang pebisnis bisa dipercaya karena mau dan mampu bekerja keras menepati semua janji dan janji. Janji tidak boleh tergesa-gesa, terus terang dan janji akan ditepati.

4. Loyalitas

Loyalitas sangat diperlukan agar bisnis berjalan lancar tanpa menimbulkan konflik. Loyalitas dapat ditunjukkan dengan bekerja sesuai dengan visi dan misi perusahaan daripada mencampurkan bisnis kantoran dengan bisnis pribadi. Anda juga bisa menunjukkan loyalitas dengan memberikan seluruh kemampuan Anda untuk kemajuan perusahaan. 

5. Keadilan

Keadilan merupakan salah satu syarat pokok yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha sukses. Mereka tidak menggunakan posisi atau kekuasaannya untuk menjadi otoriter atau sewenang-wenang. Mereka mampu memperlakukan setiap karyawan dengan adil, mentolerir perbedaan, berpikiran terbuka, mengakui kesalahan yang dibuat, dan bahkan tidak ragu untuk mengubah prinsip atau keputusan jika diperlukan.

 6. Kepedulian

Seorang pengusaha harus menjadi orang yang peduli, penyayang dan baik hati. Anda perlu memahami konsep bahwa keputusan untuk berbisnis tidak hanya memengaruhi bisnis, tetapi semua karyawan dan orang yang terlibat di dalamnya. Pemimpin harus mampu mengambil keputusan dengan dampak negatif yang paling kecil dan dampak yang paling positif.

 7. Penghargaan

Jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses, Anda harus menjadi orang yang terhormat. Anda juga harus bertindak secara profesional dan tidak mendiskriminasi orang lain atas dasar jenis kelamin, ras, agama, atau asal kebangsaan. Hal ini tidak hanya penting untuk kesejahteraan perusahaan, tetapi juga untuk menjaga lingkungan kantor yang kondusif.

 8. Mematuhi Aturan

Tentu saja ada aturan tertulis dan tidak tertulis dalam dunia bisnis. Ikuti semua aturan ini untuk menjadi pebisnis yang disegani banyak pihak. 

9. Jiwa Kepemimpinan

Seorang pengusaha harus memiliki kepemimpinan yang baik dan sadar akan tanggung jawabnya. Anda juga harus mampu memotivasi seluruh bawahan untuk bekerja dan mengeluarkan kinerja terbaiknya.

10. Menjaga reputasi

Seorang pebisnis harus memiliki kemampuan untuk membangun dan menjaga nama baik bisnis dan sebagainya. Ini adalah kunci untuk mendatangkan konsumen karena mereka mempercayai bisnis Anda untuk memenuhi semua kebutuhan mereka.