Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Bisnis apa yang cocok untuk mahasiswa? Apa yang dapat dilakukan siswa untuk menambah penghasilan atau uang saku mereka? Mungkin pertanyaan ini sering muncul di benak para mahasiswa yang ingin memulai usaha sendiri.

Tugas utama seorang mahasiswa memang untuk belajar, namun tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk memulai usaha sendiri. Seiring dengan mendapatkan pengalaman dan mengasah keterampilan bisnis Anda, Anda juga bisa mendapatkan uang. Apalagi di masa wabah, banyak sekali waktu, peluang dan peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan. Dengan kreatifitas, cerdas menangkap peluang dan berani mengambil resiko, Anda bisa memunculkan banyak ide bisnis yang menguntungkan.

Peluang wirausaha bagi mahasiswa

Mahasiswa adalah makhluk kreatif dengan ide-ide unik yang dapat menjadi peluang bisnis. Dalam kehidupan pelajar Anda yang sibuk, ada baiknya Anda mulai memikirkan bisnis yang bisa menghasilkan uang untuk Anda. Setiap mahasiswa memiliki motivasi tersendiri untuk memulai usaha. Entah itu hanya untuk menambah uang jajan atau untuk membangun bisnis jangka panjang.

Apapun motivasi Anda saat ini, berikut adalah beberapa ide peluang bisnis mahasiswa yang patut dipertimbangkan:

1. Bisnis Dropship atau Reseller Online

Bagi yang belum tahu, bisnis dropship adalah model bisnis online dimana kita menjual produk orang lain tanpa membelinya terlebih dahulu. Jadi kita tidak perlu dana untuk membeli barang dulu, tapi fokus pada proses pemasarannya. Banyak orang mengatakan dropshipping adalah peluang bisnis tanpa modal, tapi dropshipping disebut bisnis kecil-kecilan dengan modal, dan saya lebih setuju. Ada banyak jenis produk yang bisa dijual di Dropship, antara lain pakaian, jamu, elektronik, makanan, dan lainnya.

Sedangkan reseller adalah model bisnis online dimana kita bisa menjual produk orang lain tapi harus membelinya terlebih dahulu dengan harga yang lebih murah. Oleh karena itu, selain membutuhkan dana untuk membeli barang, Anda juga perlu menyiapkan tempat penyimpanan.

Menurut saya, menjadi affiliate atau reseller adalah bisnis online untuk mahasiswa yang memiliki banyak waktu luang. Pasalnya, Anda akan banyak berurusan dengan konsumen dan pemasok.Sudah banyak mahasiswa yang berjualan secara online bukan?

2. Menjadi Penulis Artikel, Bisnis Anak Kuliah Modal Kecil

Menjalankan bisnis penulisan artikel adalah contoh usaha mahasiswa kreatif yang menjanjikan. Jika Anda senang menulis atau memiliki kemampuan untuk mengomunikasikan ide secara tertulis, peluang kewirausahaan siswa ini mungkin cocok untuk Anda. Kerajinan ini relatif mudah dilakukan, dan tidak membutuhkan banyak modal. Anda harus memiliki perlengkapan standar untuk mengoperasikannya, antara lain: laptop dan koneksi internet yang sangat stabil.

Plus, bagi siapa saja yang suka menulis, industri ini jelas merupakan tempat yang tepat untuk berkreasi. Dengan kreativitas dan imajinasi, Anda bisa menjalankan bisnis ini di mana saja, kapan saja.

Ada banyak bisnis online untuk mahasiswa, tapi menurut saya ini yang paling mudah. Peluang sebagai penulis lepas sangat menjanjikan karena selalu ada kebutuhan menulis untuk kebutuhan media online atau konten kreatif setiap saat.

Peluang menulis freelance bisa Anda temukan secara online melalui blog atau website freelance seperti Projects.co.id, Sribulancer.com, dan Freelancer.co.id.

3. Menjadi YouTuber profesional

Mungkin banyak dari kalian yang sudah tahu bahwa kita bisa memonetisasi konten video yang kita upload ke youtube. Menjadi YouTuber bisa menjadi contoh usaha mahasiswa kreatif yang bisa menghasilkan video unik dan menarik. Di Indonesia sudah banyak orang yang menghasilkan uang dari YouTube. Tujuan mereka menjadi YouTuber juga berbeda, ada yang ingin menghasilkan uang, ada juga yang ingin bersenang-senang.

Dalam hal ini, Anda pasti dapat melakukan keduanya untuk kedua tujuan tersebut.Beberapa waktu yang lalu saya memposting artikel tentang cara menghasilkan uang dari YouTube. Mungkin ini bisa memberikan gambaran tentang potensi bisnis online menjadi youtuber. 

4. Jasa desain grafis, contoh bisnis kreatif untuk mahasiswa

Jika Anda cukup memperhatikan perkembangan dunia digital saat ini, Anda pasti akan menemukan bahwa layanan desain grafis sangat diminati di internet. Bisnis jasa desain grafis merupakan salah satu contoh bisnis kreatif bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan desain grafis.

Banyak profesional desain mengatakan bahwa bisnis ini sangat menguntungkan. Tentunya untuk bisa menjalankan bisnis ini dibutuhkan keterampilan mengolah gambar, kreatifitas dan peralatan yang tepat. Selain itu, satu atau lebih perangkat lunak pengedit gambar seperti Photoshop, Adobe Illustrator atau Corel Draw harus dikuasai. Bisa dipastikan jenis bisnis jasa desain grafis ini merupakan bisnis yang menjanjikan bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan desain.  

5. Menjadi blogger profesional

Menjadi seorang blogger adalah profesi mahasiswa yang sangat populer saat ini, dan mungkin akan bertahun-tahun yang akan datang. Namun, skill yang dibutuhkan untuk menjadi blogger profesional tidak sembarangan, baik dalam copywriting maupun optimasi website (SEO).

Bagi mahasiswa yang berminat menulis dan ingin mengembangkan blog, kegiatan ini sangat menjanjikan. Tentu saja, Anda harus memiliki pemahaman yang kuat tentang dunia blogging dan pemasaran internet dasar. Ada banyak contoh pemilik media online besar yang memulai karir mereka sebagai blogger. Untuk memanggil beberapa dari mereka; Linda Ikeji Blogger Nigeria, Pemilik Lindaikejisblog.com, Gina Trapani, Pemilik Lifehacker.com, Pete Cashmore, Pendiri Mashable.com, Michael Arrington, Pendiri Techcrunch.com, Perez Hilton, Pemilik Perezhilton.com, Vitaly Friedman, pemilik Smashingmagazine.com, dan banyak lagi.

6. Jasa Penerjemah, Bisnis Mahasiswa Modal Kecil

Mahasiswa mungkin belum banyak melakukan riset mengenai ide bisnis ini untuk mahasiswa dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya. Namun, peluang menjadi penerjemah bisa dibilang merupakan salah satu pekerjaan yang paling mudah bagi mahasiswa. Selain bahan pengetikan yang tidak membutuhkan banyak peralatan, karena semakin banyak bahan bahasa asing yang digunakan dalam bahan ajar di berbagai bidang, peluang jasa penerjemahan juga masih sangat potensial. Secara lebih umum, peluang bisnis jasa jenis ini tidak terbatas pada pelajar saja, bahkan pelajar atau orang biasa pun seringkali membutuhkan bantuan penerjemahan.

Yang terpenting dalam bisnis ini adalah kemampuan untuk melihat kebutuhan mahasiswa lain akan jasa penerjemahan itu sendiri. Memang benar bahwa keterampilan bahasa asing penting ketika memulai bisnis ini. Ini benar apakah Anda ingin melakukannya sendiri atau sendiri. Namun, dengan sedikit kreativitas dan kemampuan manajemen yang baik, Anda sebenarnya bisa menyelesaikan masalah ini. Caranya adalah dengan mencari rekan atau siswa lain yang memiliki kemampuan bahasa asing yang baik. Tentu saja, kami dapat memberikan kerjasama distribusi hasil yang baik di tahap selanjutnya.

7. Buka Les Private, Bisnis untuk Mahasiswa yang Suka Mendidik

Pekerjaan les atau bimbingan belajar merupakan hal yang sangat lumrah bagi mahasiswa. Biasanya target market terbaik adalah siswa SMA yang ingin lulus UMPTN, atau siswa SMP dan SD yang bergelut dengan mata pelajaran tertentu.

Menjalankan bisnis bimbingan belajar adalah bisnis mahasiswa tanpa modal. Nah, lebih tepatnya, hampir tidak ada modal. Bisnis bimbingan belajar ini merupakan bisnis yang cukup menggiurkan bagi mahasiswa. Namun, Anda harus memiliki konsep yang tepat untuk menjalankannya. Apakah Anda siap menanganinya sendiri dengan menawarkan layanan pribadi di rumah atau bermitra dengan waralaba pendidikan terkemuka.

8. Bisnis Jasa Fotografi untuk Mahasiswa

Tentu saja, untuk menjadi seorang fotografer, Anda harus cukup ahli untuk mengambil foto yang bagus. Untungnya, dengan hadirnya kamera DSLR, pengguna akan lebih mudah bereksplorasi dan membuat gambar yang menarik.

Sebagai permulaan, bisnis fotografi mungkin bisa menjadi pilihan yang menjanjikan bagi Anda. Klien Anda di awal bisnis fotografi Anda mungkin keluarga, teman, atau orang lain yang membutuhkan jasa fotografi.

Pertama, Anda dapat menawarkan layanan fotografi kepada konsumen secara gratis dan hanya dikenakan biaya untuk mencetak foto. Jika hasilnya memuaskan, konsumen akan dengan senang hati merekomendasikan jasa Anda kepada orang lain.