Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Tes TIU 5 dan Materinya

Beberapa tes masuk untuk seleksi pekerjaan dan seleksi masuk perguruan tinggi seringkali menggunakan tes TIU 5. Akan tetapi, sebelum mengerjakan tes ini, kamu perlu mengetahui beberapa penjelasan terkait tes TIU ini.

Apa Itu Tes TIU 5?

PENGERTIAN DAN PENJELASAN TES TIU 5

Tes TIU 5 merupakan kepanjangan dari Tes Intelegensi Umum. TIU 5 adalah salah satu bagian dari tes psikotes yang biasanya digunakan sebagai tahapan awal dalam seleksi masuk calon mahasiswa dan karyawan.

Bentuk soal yang diberikan dalam tes intelegensi umum biasanya berbentuk narasi dan gambar. kamu akan diminta untuk mencocokkan antara narasi awal dan narasi setelahnya. Selain itu, pada tes TIU 5 kamu juga bisa mencocokkan beberapa gambar yang memiliki hubungan ataupun kesamaan dengan gambar yang dicantumkan.

Tidak hanya itu, selain mencocokkan narasi dan gambar pada tes psikotes ini kamu juga akan diminta untuk merubah bentuk, menambah dan mengatur posisinya. Sehingga kamu akan diminta untuk memilih narasi atau gambar yang cocok untuk mengisi bagian yang kosong.

Tujuan, Fungsi dan Cara Mengerjakan Tes TIU 5

Ada beberapa tujuan, fungsi dan cara mengerjakan TIU 5 yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja tujuan dan fungsi dari tes psikotes yang satu ini pada tahapan seleksi.

Tujuan Tes TIU 5

Setelah mengetahui apa itu tes TIU 5, kamu juga perlu mengetahui apa saja tujuan dari tes intelegensi umum. Agar kamu bisa menggunakan wawasan dan pengetahuan yang dimiliki untuk memenuhi ekspektasi pihak penguji melalui tes ini.

Tes Intelegensi Umum merupakan salah satu dari bagian TKD (Tes Kemampuan Dasar). Oleh karena itu, tes ini diadakan untuk mengukur kemampuan dasar yang dimiliki peserta untuk menunjang kebutuhan saat terjun dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja.

Fungsi Tes TIU 5

Setelah mengetahui tujuan tes TIU 5, kamu juga perlu mengetahui fungsi dari tes psikotes yang satu ini. Tes TIU 5 bertujuan untuk mengukur dan memahami tingkat kemampuan mental seseorang dalam cara penalaran khususnya terkait intelegensi umum. 

Hasil tes intelegensi umum digunakan untuk mengetahui proses berpikir seseorang dengan cara rasional. Sehingga pihak instansi maupun perusahaan tidak perlu mengamati perilaku ataupun karakter dari setiap calon karyawan yang akan bekerja. Oleh karena itu, tes TIU merupakan metode yang praktis untuk memahami sifat intelegensi seseorang. 

Tidak hanya itu, tes intelegensi umum juga bisa digunakan untuk memahami kelebihan dan kelemahan yang dimiliki calon pekerja terutama hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Bahkan, dengan menggunakan tes ini perusahaan bisa lebih mudah mendapatkan karyawan atau pekerja yang berkualitas.

Cara Mengerjakan Tes TIU 5

Setelah mengetahui tujuan dan fungsi tes TIU 5, kamu juga perlu mengetahui cara tepat dalam mengerjakannya. Cara pertama yang bisa kamu gunakan dalam mengerjakan tes TIU yaitu membandingkan antara gambar sebelah kiri dan gambar sebelah kanan. kamu bisa memilih salah satu jawaban yang dirasa paling tepat dari 5 pilihan jawaban yang tersedia.

Setelah kamu menemukan jawaban yang benar dari soal yang tersedia, langkah selanjutnya yaitu memberikan garis di bawah gambar. Sehingga kamu tidak perlu memberikan tanda lainnya seperti tanda centang ataupun tanda silang pada jawaban yang dirasa benar.

3 Jenis Materi dalam Tes TIU 5

Ada beberapa jenis materi yang bisa kamu temukan dalam tes TIU 5, mulai dari jenis materi kemampuan numerik, verbal dan figural. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja materi tes intelegensi umum dan bagian-bagiannya.

1. Kemampuan Numerik

Jenis materi pertama dari tes intelegensi umum yaitu tes kemampuan numerik. Pada materi ini, kamu akan menemukan soal operasi perhitungan angka dan melihat hubungan antara angka satu dan angka lainnya. 

Tes kemampuan numerik akan mengukur kecepatan dan kecermatan kamu dalam penggunaan fungsi perhitungan dasar. Bahkan, tes ini seringkali disebut sebagai cara untuk mengungkap kemampuan nalar dalam berhitung dan berpikir logis. 

Tidak hanya itu, TIU 5 juga bisa mengungkapkan tingkat keakuratan, ketelitian, dan kuantitatif seseorang saat mengerjakan soal. Berikut ini beberapa bagian soal yang termasuk dalam bagian materi kemampuan numerik TIU 5.

A. Deret Angka

Bagian pertama dari tes kemampuan numerik yaitu deret angka. Pada soal deret angka, kamu akan diminta mengisi bagian yang kosong pada deret angka yang tersedia. Pastikan kamu mengisi bagian yang kosong dengan pilihan angka yang tepat sesuai dengan pola deret angka sebelumnya.

B. Berhitung

Selanjutnya, kamu akan menemukan soal berhitung yang berisi operasi hitung sederhana. Seperti halnya soal berhitung dengan perkalian, pembagian, pengurangan dan penjumlahan.

C. Soal Cerita

Kemudian, kamu juga bisa menemukan soal cerita dengan kalkulasi angka didalamnya. Sehingga soal cerita untuk mengetahui kemampuan numerik berisi analisis kuantitatif dari kasus yang diberikan.

D. Perbandingan Kuantitatif

Terakhir, bagian dari kemampuan numerik tes intelegensi umum yaitu perbandingan kuantitatif. Pada bagian ini, kamu akan diminta untuk menarik kesimpulan dari dua buah data kuantitatif.

2. Kemampuan Verbal

Tes kemampuan verbal sangatlah penting agar psikolog atau pihak penguji mengetahui kemampuan kamu dalam menyampaikan informasi baik secara tulisan maupun lisan. Bahkan, tes kemampuan verbal juga bisa digunakan untuk melihat kemampuan membaca, menulis dan berbahasa.

A. Analitis

Bagian pertama yang bisa kamu temukan dalam tes kemampuan verbal yaitu bagian analitis. kamu akan menemukan soal yang meminta kesimpulan dari proses analisis terhadap suatu permasalahan.

B. Analogi

Selanjutnya, kamu juga akan menemukan bagian soal analogi untuk mengetahui kemampuan verbal yang dimiliki. Pada bagian ini kamu akan menemukan perbandingan dari dua buah kata yang memiliki relasi tertentu antara satu dan lainnya walaupun dalam kondisi yang berbeda.

C. Silogisme

Terakhir, kamu juga akan menemukan bagian silogisme dalam tes kemampuan verbal. Pada soal jenis ini, kamu akan diminta untuk memberikan kesimpulan dari dua atau lebih pernyataan atau premis yang tersedia.

3. Kemampuan Figural

Jenis materi terakhir pada tes TIU 5 yaitu tes kemampuan figural. Dari tes ini penguji bisa mengetahui kemampuan kamu dalam mengurai dan memecahkan permasalahan-permasalahan secara sistematik.

A. Serial

Bagian pertama dari tes kemampuan figural yaitu berkaitan dengan serial. kamu akan menemukan soal serial untuk menekankan kemampuan seseorang dalam menganalisis sekaligus melanjutkan pola yang tepat dan berhubungan dengan gambar sebelumnya.

B. Analogi

Selanjutnya, kamu juga bisa menemukan bagian soal analogi pada tes kemampuan figural. kamu akan diminta untuk membandingkan dua buah gambar yang memiliki relasi atau hubungan tertentu.

C. Ketidaksamaan

Terakhir, kamu akan menemukan bagian soal ketidaksamaan. Pada bagian soal ini kamu akan diminta untuk melihat dan menentukan perbedaan dari dua buah gambar yang tersedia.

Kamu bisa berlatih beberapa contoh soal tes intelegensi umum untuk memudahkan proses seleksi dan lebih mudah mendapatkan nilai yang tinggi. Demikian ulasan singkat mengenai tes TIU 5, semoga apa yang sudah kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk kamu.