Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pemula Sukses Mulai Bisnis Makanan Online

 

Cara Pemula Sukses Mulai Bisnis Makanan Online

Ada banyak perusahaan dapur dan kita dapat menemukannya dengan mudah. Namun, peluang suksesnya masih sangat tinggi untuk menjadi ide bisnis baru Anda. Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis restoran online meskipun Anda seorang pemula? Anda bisa, tetapi untuk menjadi sukses Anda memerlukan saran tentang cara memulai bisnis makanan online yang sukses.

Sebagian orang berpendapat bahwa memulai bisnis kuliner membutuhkan banyak ilmu kuliner, banyak uang, dll. Bahkan, pemula bisa memulai bisnis makanan online meski dengan modal kecil. Hanya saja agar tidak kalah bersaing, Anda harus pintar-pintar menyusun strategi pemasaran untuk memasarkan produk makanan Anda secara online.

Apalagi di masa wabah virus corona saat ini, banyak orang yang beralih ke dunia online untuk memenuhi kebutuhannya, termasuk kebutuhan diet. Oleh karena itu, perdagangan makanan online berpotensi menjadi bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan besar.Apakah Anda masih pemula dan tidak tahu harus memulai bisnis kuliner dari mana? Jangan khawatir, yuk simak cara sukses bisnis makanan online untuk pemula.

Cara Pemula Sukses Mulai Bisnis Makanan Online

1. Melakukan Riset Pasar

Cara pertama yang harus dilakukan oleh pemula yang ingin menjalankan bisnis makanan online adalah dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Bagaimana melakukan penelitian ini? Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan halaman pencarian di internet untuk mengetahui jenis makanan atau masakan apa yang disukai orang di daerah Anda, atau untuk mencari ide masakan lain yang populer atau kemungkinan akan dinikmati oleh banyak orang di antara mereka.

 2. Melihat tren dan mencari peluang

Beberapa penjual makanan online mungkin hanya ingin menjual makanan apa saja kepada siapa saja dan siapa saja. Tidak apa-apa, tetapi yang terbaik adalah selalu mengikuti tren terbaru dan melihat peluang dengan menu tertentu.

Misalnya, jika orang menyukai brownies kukus, Anda dapat membuat dan menyajikan brownies bebas gula yang mungkin diinginkan pelanggan Anda. Semakin spesifik penawaran Anda, semakin besar kemungkinan bisnis Anda menonjol.

 3. Bekerja sama dengan Supplier yang tepat

Memiliki bahan baku yang selalu tersedia dengan baik adalah salah satu tip penting untuk memastikan kelancaran bisnis. Itulah mengapa penting untuk menemukan pemasok yang dapat Anda percayai. Anda bisa memulai dengan membuat daftar pemasok yang mengkhususkan diri pada bahan yang Anda butuhkan. Semua pemasok yang memenuhi persyaratan kemudian diseleksi berdasarkan referensi dan kinerja.

4. Tetapkan harga

Menentukan harga bukanlah hal yang mudah. Anda tidak dapat menetapkan harga yang terlalu mahal atau terlalu murah. Untuk mendapatkan harga yang pas, cobalah riset harga pasar sehingga Anda memiliki patokan untuk menentukan harga Anda. Namun, jika menurut Anda produk Anda unik dan bernilai tinggi dibandingkan produk lain, ada keuntungan untuk menetapkan harga tinggi.

5. Branding

Pada awalnya, Anda memiliki gambaran yang jelas tentang jenis makanan yang ingin Anda jual dan cara memproduksinya. Selain itu, sama pentingnya untuk memperhatikan bagaimana Anda memasarkannya melalui branding. Pertama, pikirkan nama merek yang mudah diingat yang menggambarkan pemiliknya. Pilih nama yang sederhana namun unik.

Selanjutnya, buat warna merek Anda semenarik mungkin agar orang yang melihatnya dapat merasakan emosinya. Misalnya, jika produk Anda adalah makanan kesehatan atau diet, Anda dapat memilih warna hijau atau biru yang melambangkan kesehatan dan vitalitas.

Bukan hanya warna, tetapi juga menciptakan gambar produk yang menarik yang meninggalkan kesan menarik bagi pelanggan bahkan saat melihatnya untuk pertama kali. Hal ini juga berlaku untuk desain website atau halaman bisnis online Anda. Anda harus mendesainnya sedemikian rupa sehingga menarik perhatian pelanggan dan menjadikannya daya tarik untuk membeli produk tersebut. 

6. Membuat Situs Web

Kini, jejaring sosial cukup menarik pelanggan melalui Instagram, Facebook, atau WhatsApp. Namun, kehadiran situs web saja bisa menjadi pertunjukan profesionalisme. Dengan demikian, Anda dapat membuat situs web dengan desain paling menarik.

7. Promosi di Media Sosial

Hampir setiap orang pasti memiliki akun media sosial. Karena kebutuhan ini, Anda dapat menggunakannya untuk mempromosikan makanan Anda secara online. Misalnya melalui jejaring sosial paling terkenal Instagram, Facebook, WhatsApp, dll. Media sosial bisa menjadi cara untuk menarik pelanggan yang sedang populer.

8. Kerjasama dengan Kurir

Namanya juga bisnis catering online, dan Anda pasti membutuhkan jasa pesan antar bukan? Sehingga Anda bisa bermitra dengan kurir terpercaya seperti GrabFood, GoFood hingga ShopeeFood. Aplikasi ini juga akan membantu menampilkan berbagai makanan yang Anda tawarkan.